Semua yang perlu Anda ketahui tentang Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna yang Membayar (ARPPU)

Diterbitkan: 2018-08-07

Artikel ini mencakup semua yang berhubungan dengan ARPPU – definisi, rumus, kesalahan yang harus dihindari saat menghitung ARPPU, alat ARPPU, dan cara mengembangkan ARPPU Anda.

Jadi mari selami lebih dalam.

Pendapatan Rata-rata Per Pengguna yang Membayar sembunyikan
1. Berapa Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna yang Membayar / Apa itu ARPPU?
2. Perhitungan ARPPU
3. 3 kesalahan umum yang dilakukan orang saat menghitung ARPPU
3.1. ARPPU dan ARPU sama
3.2. ARRPU = Total Pendapatan / Total pengguna
3.3. Cek Rata-rata dan ARPPU adalah sama
4. Dapatkan ARPPU yang benar untuk bisnis Anda
5. $550 ARPPU…kau bercanda?
6. Dua faktor yang sangat mempengaruhi ARPU Anda
6.1. Braket harga rendah
6.2. Pelanggan bermigrasi ke paket bernilai lebih rendah atau lebih tinggi
7. Mengapa ARPPU sangat penting
7.1. Menunjukkan kesehatan keuangan bisnis Anda
7.2. Menunjukkan apakah Anda mengekstraksi nilai yang cukup dari persona Anda
7.3. Validasi bahwa tim pemasaran dan penjualan Anda mendorong penawaran yang tepat
8. 5 cara yang dapat ditindaklanjuti untuk mengoptimalkan dan mengembangkan ARPPU Anda
8.1. Naikkan harga — tetapi dengan bijak dan dengan pembenaran
8.2. Tawarkan up-sell / cross-sell
8.3. Promosikan produk berharga lainnya
8.4. Fokus pada kerumunan krim
8.5. Abaikan pelanggan potensial dengan pertumbuhan rendah
9. Komentar… umpan balik?

Berapa Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna yang Membayar / Apa itu ARPPU?

Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna yang Membayar (ARPPU) adalah jumlah rata-rata uang yang Anda hasilkan dari pelanggan yang membayar.

rumus ARPPU

Contoh
Jika pendapatan rutin bulanan Anda adalah $1000 dari 100 pelanggan yang membayar, ARPPU Anda akan menjadi $100 .

Beberapa bahkan mungkin menelepon ARPPU sebagai Average Revenue Per Account (ARPA).

perhitungan ARPPU

Karena ARPPU dihitung berdasarkan pendapatan berulang bulanan dan pelanggan yang membayar aktif, Anda memerlukan:

  • MRR bersih
  • Jumlah pelanggan aktif yang membayar dihitung

Bagaimana cara mencapai MRR bersih?

  • Sertakan pendapatan peningkatan
  • Sertakan pendapatan pengguna berbayar yang ada
  • Sertakan pendapatan yang diperoleh dari langganan baru (Harga penuh + diskon bukan nol)
  • Normalisasikan pendapatan setiap bulan untuk langganan tahunan atau triwulanan
  • Kurangi pendapatan yang hilang dari penurunan dan pembatalan

Ingin bebas dari kerumitan perhitungan MRR? - Begini caranya.

Mendapatkan total pelanggan yang membayar
Sertakan hanya pelanggan yang telah membayar Anda dan memiliki akun aktif.

Menambahkan jenis pengguna berikut pada akhirnya akan mengurangi pendapatan rata-rata bulanan Anda dan memberi Anda gambaran yang menyimpang tentang kinerja perusahaan. Kecualikan pengguna berikut ini :

  • Uji coba gratis
  • Uji coba berbayar
  • Langganan yang dibatalkan
  • Langganan tidak aktif

Berdasarkan kondisi di atas, mari kita hitung ARPPU Anda .

Dari 1 Juli – 31 Juli 2018; inilah yang terjadi :

  • 35 pelanggan lama memperbarui $100 mereka per bulan
  • 3 pelanggan telah membayar $1200 untuk paket tahunan
  • 2 pelanggan membayar $180 setiap kuartal
  • 5 pelanggan meningkatkan dari paket $100 menjadi $150
  • 5 pelanggan menurunkan paket $100 mereka menjadi paket $80
  • 10 pelanggan baru berlangganan paket $100 menggunakan kupon DISKON 20%
  • 5 pelanggan membatalkan paket $100 mereka

Dalam skenario di atas, pendapatan dari pelanggan berbayar tahunan dan triwulanan perlu dinormalisasi setiap bulan dan kemudian menambahkannya ke pendapatan rutin bulanan.

  • Kontribusi pelanggan paket tahunan $1200 untuk MRR akan menjadi $300. [(1200/12)*3]
  • Kontribusi MRR dari pelanggan pada rencana triwulanan akan menjadi $120. [(180/3)*2]
  • Pelanggan yang sudah membayar menyumbang $3500 ke MRR.
  • Upgrade menambahkan $250, pelanggan baru menambahkan $800 ke MRR
  • Penurunan dan pembatalan mengurangi MRR Anda sebesar $600

3 kesalahan umum yang dilakukan orang saat menghitung ARPPU

ARPPU dan ARPU sama

Saat kami menganalisis metrik ARPPU, ada satu lagi metrik serupa yaitu Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna (ARPU). Terkadang bisnis menjadi bingung dengan kedua istilah ini dan menganggap keduanya sama, padahal tidak! Ada perubahan mendasar di kedua metrik.

ARPPU dihitung sebagai pendapatan berulang bulanan dibagi dengan jumlah total pelanggan aktif yang membayar.

Di samping itu, Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna (ARPU) = Pendapatan Berulang Bulanan / Semua pengguna (berbayar + gratis).

Mari kita asumsikan Anda memiliki 100 pengguna, 30 di antaranya adalah pengguna yang membayar. Dan total pendapatan rutin bulanan Anda adalah $3000.
jadi kamu ARPU akan menjadi 3000/100 = $30.

Ini berarti satu pengguna memberi Anda $30 per bulan.

Selanjutnya, hitung ARPPU yaitu 3000/30 = $300 itu berarti satu pengguna yang membayar memberi Anda $300 per bulan.

Hal ini menunjukkan perbedaan yang cukup besar antara kedua nilai tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan ARPPU dan ARPU, sebutkan dengan jelas.

ARRPU = Total Pendapatan / Total pengguna

Alih-alih mempertimbangkan pendapatan rutin bulanan, orang dapat mempertimbangkan total pendapatan yang diperoleh. Tetapi untuk bisnis berlangganan, pendapatan berulang bulananlah yang menunjukkan gambaran sebenarnya dari bisnis Anda.

Jadi, dalam kedua kasus ini, jumlah total pengguna akan selalu lebih besar daripada pengguna yang membayar.

Cek Rata-rata dan ARPPU adalah sama

Kesalahan umum lainnya yang dilakukan bisnis saat menghitung ARPPU adalah mereka mengambil Cek Rata-rata sebagai ARPPU .

Itu salah!

Hasilnya mungkin tidak menguntungkan tetapi bisa menyesatkan bisnis.

Cek Rata-rata adalah nilai transaksi rata-rata dan jumlah transaksi tidak boleh sama dengan jumlah pengguna yang membayar. Jika satu pengguna membayar berulang kali dalam sebulan jumlah transaksinya tidak akan diperhitungkan dalam perhitungan ARPPU tetapi akan dipertimbangkan dalam perhitungan Average Check.

Mari kita coba memahami ini dengan sebuah contoh.

Asumsikan, 50 pengguna membayar masing-masing $50, kemudian 10 dari mereka kembali membayar $10 masing-masing. Dalam hal ini ARPPU akan menjadi (50 x $50 + 10 x $10)/50 = $52.

Sedangkan untuk perhitungan Average Check , kita akan membagi pendapatan dengan jumlah transaksi yaitu (50 x $50 + 10 x $10)/60 = $43

Dapatkan ARPPU yang benar untuk bisnis Anda

Jika model bisnis Anda perlu memastikan ARPPU yang benar dan Anda mungkin telah melakukan beberapa kesalahan seperti yang telah kita bahas di atas, apa yang akan Anda lakukan?

Gunakan Putler yang dapat memperoleh ARPPU yang tepat untuk bisnis Anda dalam waktu singkat. Tidak hanya ARPPU, Anda juga mendapatkan metrik langganan berharga lainnya seperti LTV, MRR, Churn rate, dan lainnya.

Langganan Putler arppu
Langganan Putler arppu

Selain itu, Anda mendapatkan pelaporan dan analitik mendalam terkait penjualan, produk, pelanggan, dan pengunjung Anda.

Hubungkan gateway pembayaran/sistem e-commerce Anda ke Putler dan dapatkan gambaran lengkap tentang bisnis Anda.

Dasbor rumah Putler
Dasbor rumah Putler

$550 ARPPU…kau bercanda?

Nomor itu sepertinya mimpi bukan? Tapi itu kenyataan.

Bukan raksasa teknologi terkenal atau konglomerat investasi mana pun yang telah mencapai ini. Ini adalah perusahaan game Machine Zone yang telah mencapai tonggak sejarah ini dengan game mereka " Game of War " pada tahun 2015.

Nilai ini luar biasa dan permainan mencapai nilai ini dengan beberapa taktik yang menarik. Taktik apa yang mereka lakukan? Lihat kutipan di sini dari artikel aslinya.

Tentu saja, banyak game melakukan hal seperti ini, dan bagian dari kesuksesan Machine Zone adalah bahwa studio lain belum menemukan cara untuk menduplikasi teknik menghasilkan uangnya.

Dua faktor yang sangat mempengaruhi ARPU Anda

Braket harga rendah

Jika Anda menagih seperti $10, $15, dan $20 per bulan, ARPPU Anda akan sangat rendah.

ARPU yang rendah berarti bahwa masalah dukungan, infrastruktur, dan penskalaan membuat Anda lebih sulit, dan lebih cepat. Anda akan menghadapi waktu yang sulit untuk bertahan dalam bisnis.

Pelanggan bermigrasi ke paket bernilai lebih rendah atau lebih tinggi

Jika Anda menawarkan fitur mayoritas dan bermanfaat dalam paket yang lebih rendah, pelanggan akan dengan senang hati mengikuti paket tersebut. Akibatnya, Anda tidak akan memiliki pelanggan dengan paket yang lebih tinggi; sehingga memukul ARPPU Anda untuk sebagian besar.

Mengapa ARPPU sangat penting

ARPPU menentukan loyalitas di antara semua pengguna , mereka yang lebih setia akan membayar Anda setiap bulan. Dengan kata lain, semakin tinggi ARPPU berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak uang dari pelanggan yang sudah ada.

Selain itu, jika Anda dapat memiliki ARPPU tinggi relatif terhadap nilai yang Anda berikan atau pendapatan perusahaan, Anda tahu bahwa Anda memiliki produk yang mendorong rasio nilai yang lebih baik.

Menunjukkan kesehatan keuangan bisnis Anda

Jika ARPPU Anda rendah di $50, maka Anda tahu bahwa Anda perlu mendapatkan metrik ton pelanggan untuk menumbuhkan perusahaan yang berkelanjutan. Ini memungkinkan Anda untuk melihat jenis bisnis apa yang Anda butuhkan dari perspektif harga dan nilai.

ARPPU yang lebih tinggi menunjukkan Anda berkembang. ARPPU yang lebih rendah menunjukkan produk Anda tidak sesuai dengan pasar.

Menunjukkan apakah Anda mengekstraksi nilai yang cukup dari persona Anda

Anda mungkin benar-benar mengempiskan ARPU Anda dengan menargetkan terlalu banyak pelanggan berpenghasilan rendah yang kecil, mengganggu (dan mahal). Jika Anda tidak berada di ruang konsumen atau ruang dengan ratusan ribu (jika bukan jutaan) pelanggan potensial, maka Anda tidak boleh mengejar pelanggan di bawah $100/m. Pastikan Anda mengukur persona pembeli Anda dengan benar dan menargetkan yang tepat untuk pertumbuhan.

Validasi bahwa tim pemasaran dan penjualan Anda mendorong penawaran yang tepat

ARPU yang meningkat secara konsisten dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa proposisi dan penargetan nilai penjualan dan pemasaran Anda terus-menerus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Pada dasarnya, Anda menjadi lebih efisien.

5 cara yang dapat ditindaklanjuti untuk mengoptimalkan dan mengembangkan ARPPU Anda

Berikut adalah lima cara Anda dapat mengoptimalkan ARPPU untuk bisnis SaaS Anda:

Naikkan harga — tetapi dengan bijak dan dengan pembenaran

Metode yang paling umum untuk meningkatkan ARPPU. Tapi itu seharusnya tidak menyebabkan gesekan dengan pelanggan yang sudah ada jika tidak lebih banyak pengguna akan churn daripada upgrade.

Jika Anda menaikkan harga, Anda perlu memberikan alasan yang kuat untuk itu. Jika memungkinkan, lakukan kenaikan harga mikro ; pelanggan tidak akan mengeluh.

Tawarkan up-sell / cross-sell

Identifikasi titik sentuh utama di mana Anda dapat mencoba untuk melakukan up-sell (mengundang pelanggan untuk mengupgrade akun) atau cross-sell (menawarkan layanan tambahan yang relevan jika Anda memilikinya).

Memberikan uji coba gratis terbatas juga memungkinkan pengguna mendaftar untuk paket berbayar sebelum kedaluwarsa .

Permainan di sini adalah untuk menganalisis perilaku pengguna di masa lalu, menentukan titik balik utama di mana pengguna paling mungkin mendapat manfaat dari peningkatan dan melakukan promosi.

Promosikan produk berharga lainnya

Setelah membangun hubungan pelanggan yang sukses, Anda dapat menawarkan produk Anda yang lain, produk afiliasi yang masuk akal untuk basis pengguna Anda.

Fokus pada kerumunan krim

Dengan pengalaman yang cukup untuk memahami pasar secara mendalam dan memberikan nilai luar biasa secara konsisten, Anda mampu untuk fokus pada 1-2% klien teratas untuk mencoba menjual penawaran keanggotaan khusus atau layanan dengan harga tinggi seperti dukungan premium, manajemen keberhasilan pelanggan, dll.

Abaikan pelanggan potensial dengan pertumbuhan rendah

Persempit segmen pelanggan yang paling kecil kemungkinannya untuk maju ke tingkat pembayaran tinggi. Alokasikan lebih banyak sumber daya untuk cross-selling dan up-selling kepada pelanggan potensial dengan pertumbuhan tinggi, yang akan berdampak positif pada ARPU.

Komentar… umpan balik?

Kami telah mencoba untuk mencakup semua aspek yang terkait dengan ARPPU. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran untuk hal yang sama, berikan komentar di bawah dan kami akan membalasnya.