Peringkat kata kunci Google – periksa hasil SEO Anda dan posisi situs web Anda

Diterbitkan: 2021-07-20

Daftar Isi

    Bagi banyak bisnis, SEO – atau optimisasi mesin pencari – adalah saluran pemasaran yang sangat penting. SEO bernilai saat Anda karena berbagai alasan:

    • ketika dijalankan dengan benar, ini adalah salah satu sumber lalu lintas termurah untuk situs web Anda,
    • biasanya menghasilkan lalu lintas berkualitas tinggi,
    • ini adalah salah satu dari sedikit arena di mana usaha kecil dapat bersaing dengan raksasa industri karena anggaran saja tidak menjamin keberhasilan.

    Tidak heran jika banyak bisnis memasukkan SEO ke dalam strategi operasi mereka. Sayangnya, mereka tidak selalu tahu bagaimana tepatnya menilai kemanjurannya. Artikel ini menyajikan keahlian saya pada subjek, dengan fokus pada pelacakan peringkat kata kunci di mesin pencari dan peringkat situs web secara keseluruhan di Google. Mari kita periksa cara melacak peringkat kata kunci Anda.

    Pilih kata kunci Anda

    Langkah pertama dari setiap kampanye SEO adalah memilih kata kunci Anda. Anda perlu menentukan frasa mana, ketika dimasukkan ke Google, yang memungkinkan pengguna menemukan situs web Anda.

    Katakanlah Anda menjalankan toko pakaian dengan kategori produk berikut:

    • gaun malam
    • gaun musim panas
    • baju pengantin

    Kategori memberi Anda gambaran umum tentang kata kunci yang akan mengarahkan pengguna ke situs web Anda. Jika Anda tidak yakin frasa mana yang harus dipilih, gunakan alat saran kata kunci. Mereka merekomendasikan kata kunci yang benar-benar diketik oleh pengguna ke dalam mesin pencari.

    Rekomendasi kata kunci tersedia untuk Anda di Penjelajah Kata Kunci Senuto. Masukkan “gaun malam” untuk mendapatkan daftar saran kata kunci lengkap dengan informasi tambahan.

    Coba Senuto Daftar Gratis
    peringkat Google

    Seperti yang Anda lihat, pengguna tidak hanya mencari gaun malam tetapi juga:

    • gaun ibu dari pengantin wanita
    • plus ukuran gaun formal
    • gaun koktail ukuran plus

    Mereka hanya beberapa dari banyak kata kunci yang terkait dengan gaun malam yang menjadi target besar untuk optimasi mesin pencari. Jika beberapa kata kunci tersebut sesuai dengan bisnis Anda, kata kunci tersebut harus menjadi bagian dari kampanye Anda.

    Ketika Anda memiliki daftar kata kunci penting Anda, intinya adalah terus melacak peringkat Anda untuk masing-masing kata kunci tersebut. Dalam artikel ini, Anda akan belajar melakukannya dengan benar. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melacak peringkat, apa yang harus diwaspadai, dan bagaimana mencapai kesimpulan yang benar.

    Bagaimana cara memeriksa peringkat Google?

    Peringkat (posisi) Google hanyalah tempat situs web Anda di daftar hasil pencarian yang ditampilkan untuk kata kunci tertentu. Katakanlah saya memasukkan tas ke mesin pencari. Apa yang saya dapatkan sebagai imbalannya adalah apa yang disebut SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari). SERP berisi beragam elemen (kombinasi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada kata kunci).

    Luncurkan Senuto Sekarang Mulai uji coba gratis Anda
    peringkat Google
    1. Konten bingkai merah adalah apa yang disebut hasil berbayar yang dipicu oleh sistem periklanan Google (Google Ads). Jika Anda ingin situs web Anda ditampilkan di antara hasil ini, Anda harus membayar untuk kampanye. Biaya dihitung dalam model BPK (biaya per klik), jadi Anda membayar untuk setiap klik di iklan.
    2. Konten bingkai biru adalah hasil Google Berita yang disediakan untuk portal web yang menerbitkan konten yang layak diberitakan. Untuk tampil di area ini, Anda harus mendaftar ke program Google Berita dan memenuhi berbagai persyaratan.
    3. Isi bingkai hijau adalah hasil organik , juga disebut sebagai hasil alami atau tidak berbayar. Mereka terdaftar oleh algoritma Google khusus yang menentukan pesanan mereka. Upaya SEO dapat mengubah keluaran algoritme untuk mendorong situs web Anda sampai ke puncak.

    Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan bahwa peringkat (posisi) Anda adalah tempat di daftar hasil pencarian yang ditempati oleh situs web Anda.

    peringkat Google

    Dalam istilah SEO, zappo.com memegang posisi pertama (peringkat) untuk tas kata kunci.

    Apa keuntungan dari peringkat tinggi di Google?

    Sebelum kita lanjut membahas pelacakan peringkat di mesin pencari, mari kita jawab satu pertanyaan: apa keuntungan memiliki peringkat tinggi di Google?

    Perhatikan contoh berikut. Setiap kata kunci memiliki jumlah pencarian tertentu. Dalam kasus kami:

    • gaun ibu dari pengantin wanita – 301.000
    • gaun formal ukuran plus – 74,000
    • gaun koktail ukuran plus – 40.500

    Nilai-nilai ini memberi tahu kami berapa kali kata kunci dimasukkan di Google selama rata-rata bulan. Tiga kata kunci kami dimasukkan total 415.500 kali.

    Setiap posisi dalam hasil pencarian memiliki RKPT (rasio klik-tayang) yang menyatakan berapa % pengguna yang melihat halaman akan mengklik hasilnya. Anda dapat melihat rata-rata rasio klik-tayang untuk dua puluh posisi teratas di bawah ini:

    Bagan menunjukkan persentase rata-rata penelusuran yang akan menghasilkan klik untuk setiap cantuman. Misalnya, CTR dari daftar peringkat pertama adalah sekitar 30%. Pemegang posisi pertama untuk kata kunci gaun ibu pengantin dapat mengharapkan lalu lintas di kisaran 301.000 * 0,3 klik = 90.300 tampilan halaman per bulan.

    Jika Anda merebut posisi teratas untuk ketiga kata kunci, Anda dapat mengharapkan 124.650 tampilan halaman per bulan.

    Katakanlah tingkat konversi di toko online Anda adalah 2% (1 per 50 pengguna melakukan pembelian), dan rata-rata keranjang bernilai 200 dolar. Jika Anda adalah TOP 1 untuk ketiga kata kunci tersebut, toko Anda dapat menghasilkan pendapatan bulanan sebesar 23.790 * 0,02 * 200 = 95.160 dolar.

    Mari kita luruskan – hanya dengan tiga kata kunci dapat menghasilkan pendapatan 95.160 dolar. Dan asal tahu saja, kata kunci yang terkait dengan gaun ada ribuan.

    Itulah mengapa persaingan untuk posisi teratas dalam hasil pencarian adalah pertarungan yang sengit . Dalam istilah bisnis, mereka adalah investasi yang sangat menguntungkan.

    Mengapa dan kapan harus memeriksa peringkat Google Anda?

    Sekarang Anda tahu apa peringkat Google untuk kata kunci tertentu dan apa yang bisa Anda peroleh dari peringkat tinggi. Anda mungkin mulai melihat mengapa pemeriksaan peringkat layak dilakukan, tetapi mari kita pelajari lebih dalam, dengan mempertimbangkan berbagai skenario.

    Anda membayar untuk layanan SEO

    Jika Anda adalah klien yang mempercayakan SEO ke agensi, sebaiknya Anda tetap mengikuti perkembangannya. Melacak peringkat Anda akan menunjukkan kepada Anda apakah agensi Anda melakukan pekerjaan dengan baik.

    Dalam banyak kasus, agensi berbagi alat pelacakan dengan klien mereka, jadi jangan ragu untuk meminta akses kepada mereka.

    Anda menyediakan layanan SEO

    Sebagai penyedia layanan SEO, Anda harus melakukan pelacakan peringkat karena dua alasan utama:

    • pelacakan kemajuan

    Hari demi hari, Anda dapat melihat apakah upaya Anda diterjemahkan ke dalam peringkat yang lebih tinggi. Anda dapat menanggapi perubahan di Google – dalam jangka panjang, itu akan membuat Anda menjadi ahli yang lebih baik.

    • pelaporan

    Klien menyukai transparansi. Pembaruan rutin pada peringkat mereka di hasil pencarian memberi mereka rasa nyaman. Tak perlu dikatakan, ini tidak semua tentang posisi, tetapi mereka selalu menjadi KPI yang harus diperhitungkan.

    Anda ingin mengoptimalkan upaya SEO

    Data pada peringkat Anda dalam hasil pencarian sangat penting untuk pengoptimalan bisnis. Katakanlah Anda menjalankan kampanye SEO untuk toko online. Toko semacam itu cenderung memiliki banyak kategori dan produk tematik, yang diterjemahkan menjadi sejumlah besar kata kunci untuk dilacak.

    Jika kampanye SEO Anda mencakup 2000 kata kunci, pelacakan peringkat akan memungkinkan Anda:

    • mengidentifikasi kata kunci yang hampir mencapai TOP 10. Kami menyebutnya “kemenangan cepat”. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki 500 kata kunci di posisi 11–15, kata kunci tersebut dapat menjadi titik fokus Anda dan target utama pengoptimalan.
    • memprediksi volume lalu lintas dari hasil penelusuran. Posisi yang lebih tinggi biasanya menghasilkan lalu lintas organik yang lebih signifikan. Jika Anda melacak peringkat Anda, Anda dapat memprediksi apakah lalu lintas Anda akan meningkat atau mengering.

    Anda ingin melacak pesaing Anda

    Cawan suci dari bisnis apa pun. Mengetahui pesaing Anda sangat berharga. Saat melacak kata kunci Anda, Anda tidak hanya dapat memeriksa posisi Anda tetapi juga posisi pesaing Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk:

    • periksa jarak antara Anda dan pesaing Anda,
    • menentukan bagian Anda dalam kategori yang relevan dalam hasil pencarian,
    • melihat kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing Anda.

    Kesalahan dalam interpretasi dan analisis data

    Analisis data dan pendekatan berbasis data sama indahnya dengan pengkhianatan. Penafsiran data yang salah menyebabkan kesimpulan yang salah. Kesimpulan yang salah menyebabkan keputusan yang buruk. Dan keputusan yang buruk berarti masalah.

    Di bawah ini saya telah menjelaskan beberapa jebakan yang mungkin Anda temui ketika berhadapan dengan posisi hasil pencarian.

    Hasil yang disesuaikan

    Algoritma Google terus berkembang. Tujuan mereka adalah untuk memberikan hasil kualitas terbaik kepada pengguna. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan kustomisasi – menyesuaikan hasil dengan kebutuhan pengguna tertentu. Google menyesuaikan hasil pencarian Anda dengan preferensi Anda berdasarkan banyak faktor seperti lokasi Anda, riwayat pencarian, atau situs yang dikunjungi.

    Jadi di mana jebakannya? Sistem pelacakan peringkat biasanya beroperasi dari "profil bersih" tanpa riwayat pencarian. Akibatnya, peringkat yang Anda lihat di sistem mungkin berbeda dari peringkat di hasil pencarian yang ditampilkan di perangkat Anda. Ingatlah bahwa ketika mencoba mengidentifikasi penyebab perbedaan.

    Lalu lintas lebih lambat dari perkiraan dengan rumus RKT

    Kesalahan umum lainnya. Katakanlah salah satu kata kunci saya memiliki 1000 pencarian, situs web saya adalah TOP 1, jadi saya mengharapkan 300 tampilan halaman per hari. Kemudian saya menggunakan rumus RKT pada semua kata kunci saya, menjumlahkan hasilnya, dan menetapkan bahwa lalu lintas saya harus X. Kenyataannya, X dikurangi 40%.

    Mengapa? Karena hasil pencarian tidak selalu terlihat sama. Mereka sering terdiri dari semua jenis fitur dan cuplikan Google yang dapat mencuri beberapa lalu lintas dari TOP 1. Fitur Google meliputi:

    • Google Maps,
    • Grafik Pengetahuan,
    • Jawaban Langsung,
    • Berita Google,

    …dan banyak lagi. Google terus menambahkan fitur baru karena meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan fitur, Anda memerlukan lebih sedikit klik untuk menemukan apa yang Anda cari.

    Perhatikan contoh di bawah ini:

    peringkat Google

    Meskipun Wikipedia muncul pertama kali dalam hasil pencarian dan kata kuncinya memiliki beberapa ribu pencarian per bulan, saya tidak mengharapkannya untuk menghasilkan lebih dari beberapa lusin klik untuk situs tersebut.

    Mengapa? Karena sebagian besar pengguna akan puas dengan jawaban yang langsung ditampilkan di halaman hasil pencarian.

    Melacak peringkat Google Anda

    Sekarang, Anda memiliki dasar yang kuat tentang pemantauan posisi di mesin pencari. Seperti yang Anda tahu, pelacakan peringkat manual tidak masuk akal. Sebaliknya, ada program khusus yang akan menunjukkan kepada Anda peringkat situs web Anda untuk kata kunci yang dipilih.

    Salah satu alat tersebut adalah Senuto, sebuah platform tempat kami telah menyempurnakan Pelacak Peringkat kami selama beberapa tahun. Sekarang mari kita bahas highlight-nya yang mungkin sangat berguna bagi Anda. Anda juga akan melihat bagaimana mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan SEO Anda.

    Sekilas status saat ini

    Setelah Anda mengonfigurasi proyek, posisi frasa Anda mendapatkan pembaruan harian. Ini memungkinkan kami untuk melaporkan situasi terkini dari situs web Anda hari demi hari.

    Anda akan menemukan informasi terbaru di Laporan Ringkasan.

    Coba Senuto Mulai uji coba gratis Anda
    peringkat Google

    Bilah atas menampilkan serangkaian informasi penting:

    1. Meningkat – jumlah kata kunci yang mencapai posisi lebih tinggi sejak kemarin.
    2. Tidak ada perubahan – jumlah kata kunci yang mempertahankan posisinya.
    3. Penurunan – jumlah kata kunci yang mencapai posisi lebih rendah sejak kemarin.
    4. Potensi – potensi keseluruhan kata kunci Anda. Dihitung dengan memperkirakan total lalu lintas yang dapat dihasilkan kata kunci Anda jika Anda naik ke TOP 1 untuk semuanya.
    5. Potensi yang digunakan – lalu lintas yang saat ini dihasilkan oleh kata kunci Anda dibandingkan dengan potensi maksimumnya. Petunjuk tentang berapa banyak pekerjaan yang masih harus Anda lakukan.
    6. Posisi rata-rata – posisi rata-rata kata kunci Anda di Google. Misalnya, nomor 16.23 menunjukkan bahwa Anda berada di suatu tempat di bagian bawah halaman 2 untuk kata kunci rata-rata Anda.
    7. Setara dengan Google Ads – jumlah yang harus Anda bayarkan di Google Ads untuk lalu lintas yang saat ini dihasilkan oleh kata kunci Anda. Metrik yang bagus untuk memeriksa apakah hasil yang dihasilkan oleh agensi SEO Anda sepadan dengan uang yang dikeluarkan atau – jika Anda berada di sisi lain pagar – untuk menunjukkan bahwa upaya Anda membuahkan hasil.

    Di bawah round-up, Anda akan menemukan grafik yang merupakan jantung dari keseluruhan sistem. Ini meringkas riwayat semua metrik utama dan memungkinkan Anda membandingkan situs web Anda dengan pesaing.

    Tab ini menunjukkan gambaran umum tentang situasi Anda saat ini dalam hitungan detik.

    Sebuah retrospeksi cepat

    Sistem memperbarui posisi kata kunci Anda setiap hari. Yang lebih penting lagi – Anda memiliki akses ke seluruh riwayat Anda, hari demi hari.

    Date Picker akan memungkinkan Anda mundur ke tanggal mana pun sejak hari Anda menyiapkan proyek di sistem.

    peringkat Google

    Sekilas tentang posisi

    Tab lain yang perlu Anda perhatikan adalah Laporan Posisi yang mencantumkan peringkat Anda untuk kata kunci yang dilacak.

    peringkat Google

    Tabel adalah tumpah ruah data yang berguna:

    1. URL – teks hijau di bawah kata kunci menunjukkan kepada Anda alamat URL yang tepat yang muncul ketika pengguna mengklik tautan Anda di hasil pencarian.
    2. Visibilitas – volume lalu lintas mesin pencari bulanan yang dapat Anda harapkan pada posisi Anda saat ini. Berguna untuk membuat perkiraan lalu lintas Anda.
    3. Posisi awal – selalu baik untuk mengetahui dari mana Anda memulai. Posisi awal adalah peringkat situs web Anda pada hari pertama di Pelacak Peringkat.
    4. Posisi hari ini – posisi yang saat ini ditempati oleh situs web Anda untuk kata kunci yang dipilih.
    5. Change in position – jumlah posisi di mana peringkat Anda berubah sejak hari sebelumnya.
    6. Riwayat posisi – bagan kecil ini menunjukkan peringkat kata kunci Anda untuk periode yang dipilih dalam Pemilih Tanggal di atas.
    7. Perubahan posisi – jumlah perubahan (lonjakan / penurunan / tidak ada perubahan) dalam posisi selama periode yang dipilih.
    8. CPC – memberi tahu Anda berapa banyak yang harus Anda bayar di Google Ads untuk setiap klik yang diperoleh dari penelusuran pengguna untuk kata kunci tersebut.

    Halaman Individu

    Setiap situs web memiliki semacam arsitektur informasi. Jika Anda menjalankan toko online, arsitektur Anda adalah organisasi ke dalam kategori, subkategori, dan produk. Kata kunci yang berbeda mengarahkan pengguna ke halaman yang berbeda di situs web Anda. Dengan mengingat hal itu, ada baiknya mengetahui tab atau kategori mana yang berkinerja terbaik.

    Pelacak Peringkat menyertakan laporan yang akan menunjukkan hal itu kepada Anda.

    peringkat Google

    Laporan Laman meliputi:

    1. URL – tab yang tercantum dalam hasil pencarian Google.
    2. Visibilitas – perkiraan total lalu lintas yang datang ke URL.
    3. TOP 3 – jumlah kata kunci yang URL-nya tercantum di tiga posisi teratas (peringkat 1-3) dalam hasil pencarian.
    4. TOP 10 – sama seperti di atas, tetapi untuk peringkat 1–10.
    5. TOP 50 – sama seperti di atas, tetapi untuk peringkat 1–50.
    6. Total penelusuran – jumlah rata-rata total penelusuran per bulan, dihitung untuk semua kata kunci yang fitur URL Anda berada di TOP 50.
    7. Kata kunci TOP – kata kunci yang menghasilkan lalu lintas terbesar untuk URL.
    8. Posisi – posisi Anda untuk kata kunci TOP.

    Jarak dari kompetisi

    Jika Anda tertarik dengan pesaing Anda, Anda mungkin akan menemukan Pelacak Peringkat sangat membantu. Sebagai permulaan, ini menyajikan analisis jarak Anda dari kompetisi.

    peringkat Google

    Metrik yang tersedia untuk situs web kami dapat diperiksa untuk setiap pesaing Anda. Tidak diragukan lagi, marketwatch.com memimpin dan menempati peringkat tertinggi.

    “Saya mencuri kata kunci dari pesaing saya”

    Fitur lain yang tersedia di Kompetisi adalah opsi untuk "mencuri" kata kunci pesaing Anda. Salah satu dari banyak alat yang ditawarkan oleh Pelacak Peringkat dapat menunjukkan kepada Anda kata kunci yang membuat pesaing Anda terlihat dan Anda tidak.

    peringkat Google

    Dengan pengaturan ini, Anda dapat melihat kata kunci yang peringkat situs web Anda tidak masuk dalam TOP 10, tetapi pesaing Anda melakukannya.

    peringkat Google

    Analisis Persaingan di Pelacak Peringkat Senuto

    Kemenangan cepat Anda

    Seperti yang telah saya sebutkan, pelacakan peringkat berguna untuk menentukan kata kunci mana yang mendekati hasil pencarian TOP 10. Senuto Rank Tracker memiliki sistem filter yang canggih yang akan menunjukkan kepada Anda daftar yang tepat dari kata kunci tersebut.

    Luncurkan Senuto Sekarang Daftar gratis
    peringkat Google

    Terapkan filter untuk melihat kata kunci yang posisinya lebih rendah dari 10 tetapi lebih tinggi dari 20 (peringkat 11-19). Kata kunci ini memiliki potensi untuk mulai menghasilkan lalu lintas untuk situs web Anda dalam waktu singkat. Ini adalah panggilan yang baik untuk membuat mereka menjadi fokus perhatian dan usaha Anda.

    Bungkus

    Pelacakan peringkat di Google adalah topik luas yang dieksplorasi selama bertahun-tahun sekarang. Sebagian besar perusahaan yang menyadari pentingnya lalu lintas mesin pencari melacak peringkat mereka setiap hari. Sekarang Anda tahu bagaimana melakukannya dengan benar, apa manfaatnya, dan kesalahan apa yang harus dihindari saat menganalisis data Anda. Manfaatkan sebaik-baiknya selama kampanye SEO Anda!