21 KPI Pemasaran dan Metrik Bisnis SaaS Harus Dilacak

Diterbitkan: 2022-07-07

Pasar SaaS telah tumbuh lebih dari 15% pada tahun 2021 dan kemungkinan akan mendaftarkan CAGR sebesar 27,5% untuk periode 2021 hingga 2028.

Selain itu, 10 perusahaan SaaS teratas telah melewati kapitalisasi pasar gabungan sebesar $800 miliar .

Dengan pertumbuhan eksponensial ini, bisnis SaaS juga berkembang dan meningkatkan strategi pemasaran mereka.

Berkat kemajuan teknologi, Anda dapat mengukur hampir setiap aspek bisnis SaaS Anda. Tetapi semakin banyak akses yang kita miliki ke data, semakin menambah ambiguitas tentang apa yang harus dilacak.

Di sinilah memprioritaskan metrik pemasaran dan KPI SaaS yang paling relevan dan penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas:

  • Apa itu KPI dan metrik SaaS,
  • Mengapa Anda harus melacaknya, dan
  • 21 metrik SaaS dan KPI yang harus Anda lacak

Mari kita selami.

Apa itu Metrik Pemasaran dan KPI SaaS?

Karena ada banyak kebingungan tentang KPI dan Metrik, pertama-tama, mari kita bersihkan suasana di sekitarnya dan pahami apa arti kedua istilah tersebut.

Metrik Saas

Dalam istilah sederhana, metrik SaaS mengacu pada data terukur yang secara langsung atau tidak langsung terkait dengan kinerja bisnis. Titik data ini memberikan konteks di balik keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Secara teknis, apa pun yang dapat Anda ukur dapat dianggap sebagai metrik bisnis. Jadi, mudah terjebak dalam mencoba melacak dan meningkatkan banyak metrik.

Namun, sebagai perusahaan SaaS, Anda harus memprioritaskan pelacakan metrik yang secara langsung memengaruhi sasaran laba yang lebih luas seperti pendapatan, laba, dan margin.

KPI SaaS

Key Performance Indicator (KPI) di sisi lain, adalah metrik yang berkontribusi pada tujuan bisnis tertentu. Itulah alasan mengapa KPI biasanya berfokus pada target dan sasaran tertentu.

Misalnya, mencapai margin laba bersih 10% adalah KPI. Di sini target 10% berfungsi sebagai benchmark dan diselaraskan dengan bottom line.

Yang mengatakan, perbedaan utama antara metrik dan KPI adalah bahwa metrik dapat ada tanpa target di sekitarnya, tetapi KPI tidak bisa. Selain itu, Anda dapat melampirkan target ke sebagian besar metrik dan mengubahnya menjadi KPI.

Namun demikian, setiap KPI adalah metrik tetapi setiap metrik tidak dapat menjadi KPI.

Mengapa Penting untuk Melacak KPI dan Metrik SaaS?

Bisnis SaaS berfungsi secara berbeda dari bisnis online lainnya karena sebagian besar pendapatan mereka berasal dari langganan bulanan atau kontrak tahunan.

Tidak seperti bisnis eCommerce, perusahaan SaaS memiliki siklus akuisisi pelanggan yang lebih lama yang mungkin memakan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk diselesaikan. Selain itu, sebagian besar bisnis SaaS memperoleh pelanggan menggunakan metode masuk — juga disebut organik — dengan strategi pemasaran konten yang kuat .

Meskipun pertumbuhan organik mungkin membutuhkan waktu, Anda masih perlu terus menginvestasikan sumber daya dalam akuisisi pelanggan.

Jadi melacak metrik SaaS dan KPI utama dapat membantu Anda menyusun strategi untuk pertumbuhan jangka panjang dan tetap di atas biaya dan pendapatan Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat menyempurnakan strategi bisnis Anda secara keseluruhan.

Metrik Pemasaran SaaS Utama dan KPI untuk Dilacak

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu KPI SaaS, metrik, dan pentingnya melacaknya, mari kita bahas 21 metrik utama dan KPI (tanpa urutan tertentu) yang harus Anda lacak sebagai pemilik bisnis SaaS.

1. Pengguna Aktif

Pengguna aktif mengacu pada jumlah orang yang terlibat dengan produk SaaS Anda setiap hari. Di sini, keterlibatan berarti masuk ke atau menggunakan aplikasi SaaS.

Ini adalah pemeriksaan kewarasan dasar dari basis pelanggan SaaS Anda. Rasio yang lebih tinggi menunjukkan bahwa pengguna senang menggunakan produk Anda atau menemukan nilai di dalamnya atau keduanya.

Metrik pengguna aktif yang paling umum adalah Pengguna Aktif Harian (DAU), Pengguna Aktif Mingguan (WAU), dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU).

Namun, DAU/MAU — juga dikenal sebagai rasio Kelekatan — lebih memahami metrik ini.

Misalnya, 1000 orang menggunakan produk Anda setiap bulan dan 300 dari mereka menggunakannya setiap hari. Jadi, rasio DAU/MAU Anda adalah 30%.

Meskipun tidak ada patokan standar untuk rasio lengket yang baik atau buruk, semakin tinggi semakin baik.

2. Pendapatan Berulang Bulanan (MRR)

Pendapatan Berulang Bulanan (MRR) adalah penghasilan yang Anda terima dari pengguna setiap bulan.

Karena sebagian besar bisnis SaaS menghasilkan sebagian besar pendapatan dari langganan bulanan, ini adalah metrik penting untuk dilacak. Ini memberikan wawasan berharga tentang lintasan pertumbuhan bisnis Anda.

Beginilah cara MRR bekerja:

Katakanlah Anda menagih $250 sebagai langganan bulanan untuk produk SaaS Anda. Anda memiliki dua pelanggan yang membayar pada bulan Januari dan Februari, lalu pelanggan ketiga ditambahkan pada bulan Maret.

Oleh karena itu, MRR akan menjadi:

  • Januari: $250 + $250 = $500
  • Februari: $250 + $250 = $500
  • Maret: $250 + $250 + $250 = 750, dan seterusnya

Dengan demikian, MRR hanya memperhitungkan pendapatan Anda dari langganan bulanan. Jadi berbeda dengan total pendapatan bisnis. Misalnya, jika Anda juga menawarkan layanan berbayar yang tidak berulang seperti pengaturan atau konsultasi, Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam MRR.

Tujuan MRR adalah memberi Anda gambaran yang adil tentang pendapatan bulanan yang dapat diprediksi yang biasanya berasal dari langganan.

3. Pendapatan Berulang Tahunan (ARR)

Menghitung Pendapatan Berulang Tahunan (ARR) cukup mudah. Anda hanya perlu mengalikan MRR dengan 12.

Jadi, ARR = MRR*12

Jadi ARR memberi Anda gambaran tentang pendapatan tahunan Anda. Jika Anda adalah perusahaan SaaS perusahaan yang berfokus pada kontrak tahunan, ARR akan lebih masuk akal untuk tujuan peramalan.

4. Pendapatan Rata-Rata Per Rekening (ARPA)

ARPA adalah pendapatan rata-rata yang berasal dari setiap pelanggan atau pengguna Anda. Ini juga disebut sebagai Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna (ARPU).

Anda dapat menghitung metrik ini selama satu bulan atau satu tahun. Berikut caranya:

Ini adalah metrik yang berguna untuk memahami pilihan harga pelanggan SaaS Anda. Terutama jika Anda memiliki beberapa paket langganan untuk pengguna individu, agensi, dan perusahaan.

Dalam kasus seperti itu, pertimbangkan untuk menghitung ARPA bulanan untuk pengguna baru yang berlangganan pada bulan lalu. Ini akan memberi Anda garis tren harga terbaru untuk bisnis Anda.

Pada saat yang sama, jika Anda ingin mengonversi metrik ini untuk proyeksi tren tahunan, ganti saja MRR dengan Pendapatan Berulang Tahunan (ARR).

Ini juga akan memberi Anda wawasan berharga tentang peluang peningkatan paket dalam grup pengguna ukuran tiket rendah.

5. Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC)

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) — juga dikenal sebagai Biaya Per Akuisisi (CPA) — adalah berapa banyak yang Anda keluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Biaya akuisisi ini mencakup semua biaya yang terkait dengan pemasaran dan penjualan.

Cara sederhana untuk menghitung CAC adalah dengan menjumlahkan semua biaya pemasaran dan penjualan untuk waktu tertentu dan membaginya dengan jumlah pelanggan yang diperoleh dalam durasi tersebut.

Misalnya, pembelanjaan penjualan dan pemasaran Anda untuk bulan Januari masing-masing adalah $6000 dan $8000.

Dan Anda bisa menambahkan 10 klien baru di bulan yang sama.

Dengan demikian,

Demikian pula, Anda dapat memperoleh CAC tahunan dengan membagi biaya penjualan dan pemasaran tahunan dengan total pelanggan baru yang diperoleh dalam setahun.

6. Periode Pengembalian CAC

Pengembalian CAC adalah jumlah bulan yang diperlukan untuk mendapatkan penghasilan lebih besar dari jumlah yang dihabiskan untuk akuisisi pelanggan. Kadang-kadang juga disebut sebagai Waktu untuk Memulihkan CAC.

Metrik ini membantu Anda memahami efisiensi modal bisnis SaaS Anda. Dengan kata lain, ini menunjukkan jumlah investasi modal yang dibutuhkan sebelum Anda mulai menghasilkan keuntungan.

Dengan demikian, semakin pendek periode pengembalian modal, semakin cepat bisnis Anda mulai menghasilkan keuntungan.

Katakanlah CAC Anda adalah $1000 dan MRR Anda per pelanggan adalah $100. Jadi pengembalian CAC untuk bisnis Anda = $1000/$100 = 10 bulan.

Ini berarti pelanggan menguntungkan jika Anda dapat mempertahankannya selama lebih dari 10 bulan dan seterusnya.

7. Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV)

Sejak pelanggan memulai langganan berbayar ke produk SaaS Anda dan sampai mereka memilih keluar (semoga tidak pernah!), total pendapatan yang dihasilkan dari setiap pengguna disebut sebagai Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV).

Metrik pemasaran SaaS ini memberi tahu Anda berapa banyak, dan berapa lama pelanggan berkontribusi pada aliran pendapatan Anda.

Berikut rumus untuk CLV:

Mengambil contoh hipotetis, dengan ARPA $300 dan tingkat churn pelanggan 15%, CLV untuk perusahaan SaaS Anda akan berdiri di $2000.

8. CLV : Rasio CAC

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) dan Nilai Umur Pelanggan (CLV) hampir tidak masuk akal jika diukur secara terpisah. Tetapi ketika Anda mengukur CLV Anda terhadap CAC, itu memberi Anda ide yang lebih baik tentang profitabilitas.

Misalnya, CLV Anda adalah $5000 dan CAC Anda adalah $2500.

Jadi rasionya terlihat seperti: $5000 : $2500 = 2:1.

Sebagai aturan praktis, CLV Anda harus selalu lebih besar dari CAC. Ini berarti jumlah yang Anda belanjakan untuk akuisisi pelanggan menghasilkan keuntungan.

Idealnya, CLV untuk organisasi SaaS Anda setidaknya harus tiga kali CAC . Dan beberapa pemain SaaS top seperti Salesforce dan Constant Contact memiliki rasio CLV terhadap CAC hampir 5x.

9. Pelanggan Churn

Tingkat Churn Pelanggan adalah persentase pengguna yang membatalkan atau tidak memperbarui langganan mereka selama periode pengamatan — katakanlah satu bulan, kuartal, atau tahun.

Ini adalah metrik penting untuk bisnis SaaS karena tingkat churn yang lebih tinggi memiliki efek negatif langsung pada pendapatan dan profitabilitas. Pada saat yang sama, itu juga memerlukan penyelidikan terhadap faktor- faktor yang menyebabkan churn pelanggan yang lebih tinggi .

Rumus Tingkat Churn Pelanggan adalah:

Jadi, jika Anda memiliki 200 pelanggan di awal dan kehilangan 10 pelanggan menjelang akhir durasi waktu, tingkat churn Anda adalah:

Jadi berapa tingkat churn yang dapat diterima?

Jika angka 5% di atas adalah tingkat churn tahunan, Anda tidak perlu terlalu khawatir selama Anda mendapatkan pelanggan baru secara konsisten. Seperti yang disarankan para ahli, tingkat churn 5% hingga 7% dapat diterima di ruang SaaS.

Namun, jika itu adalah churn bulanan 5%, maka itu adalah tantangan yang harus Anda tangani dengan prioritas.

10. Pecahan Pendapatan

Ingin tahu mengapa Anda perlu melacak churn pendapatan saat Anda sudah melacak tingkat churn pelanggan?

Itu karena mengukur tingkat churn pelanggan secara mandiri terkadang bisa sedikit menipu.

Misalnya, Anda memiliki 100 pengguna paket dasar yang masing-masing membayar Anda $200 sebulan dan 100 pengguna premium dengan $1000 sebulan. Dengan demikian, total pendapatan bulanan Anda mencapai $120.000.

Sekarang jika kita mengambil contoh di atas tingkat churn pelanggan 5%, dari total 200 pengguna bulanan 10 akan churn.

Jika semua 10 pelanggan churn ini adalah pengguna paket dasar, Anda akan kehilangan $2000 dari MRR Anda. Namun, jika semuanya adalah pengguna premium, maka Anda akhirnya kehilangan $10.000 per bulan.

Sekarang mari kita lihat dampaknya pada tingkat perputaran pendapatan dalam kedua kasus.

Jadi dalam kasus pertama:

Dan untuk kasus kedua:

Dengan demikian, ini memiliki dampak besar pada pendapatan dalam skenario kasus kedua. Namun, ini hanya untuk tujuan ilustrasi. Biasanya, perputaran pendapatan akan datang dari beberapa kategori pengguna.

11. Tingkat Pertumbuhan MRR

Seperti namanya, Tingkat Pertumbuhan MRR menunjukkan kepada Anda bagaimana MRR Anda tumbuh dari bulan ke bulan. Ini adalah metrik pertumbuhan yang penting bagi perusahaan SaaS karena menunjukkan kecepatan pertumbuhan.

Namun, metrik ini bisa agak menyesatkan ketika kita membandingkan tingkat pertumbuhan MRR dari startup SaaS dengan bisnis yang sudah mapan.

Misalnya, startup SaaS memiliki 10 pengguna berbayar pada akhir bulan ini dan mereka memperoleh 10 lagi di bulan berikutnya. Dan pada $100 per langganan, pendapatan mereka melonjak dari $1000 menjadi $2000 dalam sebulan. Itu adalah tingkat pertumbuhan MRR 100%.

Sekarang, untuk perusahaan SaaS yang memiliki 100.000+ pengguna dan MRR $10 juta, mencapai tingkat pertumbuhan MRR 100% dapat menjadi tantangan.

Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas saat menghitung metrik ini.

12. Rasio Cepat SaaS

Meskipun ada beberapa metrik pemasaran SaaS yang harus Anda lacak sebagai pemilik bisnis, beberapa metrik dapat memberi Anda wawasan cepat tentang lintasan pertumbuhan. Di situlah SaaS Quick Ratio berguna.

Dan rumus Rasio Cepat adalah:

Ini menyoroti bagaimana bisnis Anda tumbuh dengan memperhitungkan faktor-faktor dinamis seperti:

  • MRR Baru: MRR dihasilkan setelah menambahkan pelanggan baru
  • MRR Ekspansi: Pendapatan tambahan dari pengguna yang ada (mis. peningkatan paket)
  • MRR Kontraksi: Pengurangan pendapatan dari pelanggan yang sudah ada (misalnya penurunan peringkat)
  • Pendapatan Churn: MRR hilang karena pembatalan

13. Rasio Klik-Tayang (RKT)

Click-Through Rate (CTR) adalah persentase orang yang mengklik:

  • Tautan di hasil penelusuran
  • Tautan email
  • iklan berbayar
  • Iklan media sosial
  • CTA di tempat, dll.

RKT dihitung dengan membandingkan berapa kali pengguna mengeklik konten Anda dibandingkan dengan tayangan (atau tampilan) yang dihasilkannya.

RKT memberi tahu Anda apakah judul konten, subjek email, salinan iklan, CTA, dll. menarik bagi audiens target Anda.

Berikut adalah beberapa tips cepat untuk meningkatkan CTR dan memperkuat SEO situs web SaaS Anda .

  • Optimalkan judul: Buat judul yang menarik — dan memicu emosi — untuk konten Anda, halaman arahan, salinan iklan, baris subjek email, dll.
  • Fokus pada maksud pencarian: Pahami audiens Anda, kebutuhan pencarian mereka, dan kueri pencarian mereka.
  • Pemetaan kata kunci: Lakukan penelitian kata kunci yang mendalam dan petakan kata kunci sesuai dengan perjalanan pembelian pengguna Anda.
  • Optimalkan untuk Seluler: Karena 63% kunjungan Google berasal dari perangkat seluler, pastikan situs, laman landas, dan kampanye iklan Anda dioptimalkan untuk seluler.

14. Marketing Qualified Lead (MQL)

Marketing Qualified Lead (MQL) adalah prospek yang cocok dengan persona pembeli Anda dan telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda.

SaaS MQL biasanya diperoleh dengan strategi konten seperti menawarkan gratis seperti sumber daya, alat, template, dll. Dan jika sesuai dengan profil pelanggan ideal Anda, mereka akan dikembangkan lebih lanjut untuk membantu mereka menavigasi melalui saluran penjualan Anda.

Dan begitu mereka siap untuk melakukan penjualan, mereka diteruskan ke tim penjualan.

15. Sales Berkualitas Lead (SQL)

Dengan kata sederhana, Sales Qualified Lead (SQL) adalah pelanggan potensial atau prospek yang telah menyatakan minat yang meningkat pada produk SaaS Anda.

Berdasarkan tingkat minat dan perilaku mereka, tim pemasaran memberikan skor untuk setiap prospek. Ini disebut skor memimpin . Ini membantu tim penjualan mengetahui siapa pemimpin yang lebih berkualitas dan di mana mereka harus menginvestasikan lebih banyak waktu.

Sebagai pemilik bisnis SaaS, Anda juga harus melacak rasio MQL terhadap SQL — MQL yang dikonversi ke SQL. Ini akan membantu Anda menyoroti area di mana Anda perlu menyempurnakan praktik pengasuhan pemimpin Anda.

16. Percobaan Gratis dan Permintaan Demo

Sebagian besar bisnis SaaS menawarkan uji coba atau demo gratis untuk prospek atau prospek mereka. Ini membantu Anda melibatkan calon pelanggan dan mengetahui dengan tepat di mana mereka cocok dengan saluran penjualan Anda.

Anda dapat mempertimbangkan prospek yang ikut serta dalam uji coba gratis sebagai MQL karena ini merupakan indikasi minat terhadap produk atau layanan Anda.

Di sisi lain, beberapa produk SaaS mungkin terlalu rumit untuk menawarkan uji coba gratis. Jadi menawarkan demo gratis dapat bekerja lebih baik. Di sini, jika prospek menunjukkan komitmen untuk mengikuti demo, anggap mereka sebagai SQL.

17. Mengarah ke Tarif Pelanggan

Tingkat prospek ke pelanggan adalah tingkat konversi yang lebih spesifik dibandingkan dengan mengukur konversi dari lalu lintas situs web secara keseluruhan. Metrik pemasaran SaaS ini menyoroti jumlah prospek yang dikonversi menjadi pelanggan yang membayar.

Jika lead to customer rate di bawah target Anda, maka itu merupakan indikasi bahwa:

  • Kualitas timahnya buruk, atau
  • Ada celah dalam pemeliharaan timbal, atau
  • Ada masalah dengan MQL atau SQL, atau
  • Kombinasi dari faktor-faktor di atas

18. Tarif Abaikan

Sama seperti pelanggan meninggalkan keranjang belanja saat membeli secara online, pembeli SaaS juga dapat kehabisan tenaga selama proses checkout. Jadi kita dapat mengatakan bahwa itu adalah penjualan yang tidak terwujud.

Meskipun ini adalah metrik eCommerce yang populer, Anda — pemilik SaaS — juga harus melacak tingkat pengabaian checkout Anda. Ini tidak hanya akan memberi Anda wawasan tentang perilaku pelanggan tetapi Anda juga dapat mengubah checkout yang ditinggalkan menjadi penjualan dengan kampanye email pengabaian yang efektif.

Berikut cara menghitung tingkat pengabaian:

Misalnya, 100 pelanggan memulai pembayaran di situs web Anda. Namun, hanya 25 pesanan yang diselesaikan. Jadi tingkat pengabaian checkout Anda adalah:

Dengan demikian, Anda dapat mengukur tingkat pengabaian keranjang Anda. Dan jika Anda menemukan bahwa tingkat pengabaian Anda telah meningkat, Anda dapat menggali alasan mengapa pelanggan meninggalkan proses checkout dan mengatasi masalah yang sesuai.

19. Skor Promotor Bersih

Net Promoter Score (NPS) membantu Anda mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atau klien. Ini adalah proses sederhana di mana Anda bertanya kepada pengguna Anda:

“Pada skala 0 (tidak sama sekali) hingga 10 (pasti), Seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan [produk SaaS Anda] kepada teman atau kolega?”

Menurut peringkat mereka, Anda akan mengurutkannya ke dalam kategori seperti pencela, pasif, dan promotor.

Untuk menghitung NPS yang akurat, Anda harus mengurangi persentase pencela dari promotor, dan begitulah cara Anda mendapatkan nilai bersih.

Jadi jika ada 60% promotor dan 20% pencela, NPS Anda akan menjadi 40%.

NPS yang lebih tinggi berarti bahwa pengguna lebih cenderung menyebarkan pesan positif dari mulut ke mulut tentang produk SaaS Anda.

20. Rata-Rata Waktu Respons Pertama

Waktu Respons Pertama Rata-rata adalah metrik layanan pelanggan. Ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan tim dukungan Anda untuk merespons setelah pelanggan mengirimkan kueri mereka.

Sebuah studi oleh Site Builder Report mengungkapkan bahwa 21% dari perusahaan SaaS menjawab pertanyaan pelanggan dalam waktu satu jam. Di sisi lain, 12% dari mereka membutuhkan lebih dari satu hari untuk kembali.

Tak perlu dikatakan, pelanggan Anda tidak suka menunggu. Faktanya, tidak ada dari kita yang melakukannya.

Jadi mengawasi metrik ini dapat membantu Anda meningkatkan standar dukungan dan dengan demikian kepuasan pelanggan.

21. Waktu Resolusi Rata-rata

Average Resolution Time (ART) adalah durasi rata-rata yang dibutuhkan tim dukungan Anda untuk menyelesaikan kueri pelanggan terbuka (atau menaikkan tiket) dalam waktu tertentu.

Anda dapat mengukur ART untuk periode waktu yang berbeda seperti mingguan, bulanan, triwulanan, dll.

Durasi ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk SaaS Anda dan kompleksitas masalah pelanggan. Namun, mengingat bahwa semakin pendek waktunya, semakin baik efisiensi layanan pelanggan Anda.

Selain itu, perangkat lunak Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Anda juga dapat memberi Anda laporan terperinci untuk agen dukungan pelanggan individu. Jadi jika beberapa agen membutuhkan waktu lebih lama dari waktu standar, Anda dapat menasihati dan melatih mereka untuk mengurangi rata-rata.

Lacak Jalan Anda Menuju Kesuksesan SaaS

Saat kami menyelesaikan posting ini, perlu disebutkan bahwa melacak KPI dan metrik ini saja tidak akan menciptakan keajaiban. Karena ini bukan tentang memiliki harta karun berupa data, tetapi apa yang Anda lakukan dengan data itulah yang membuat perbedaan.

Jadi tempat pertama untuk memulai adalah mengetahui tujuan terpenting untuk bisnis SaaS Anda. Kemudian identifikasi metrik dan KPI yang membantu Anda mencapai tujuan ini.

Setelah Anda memahami metrik SaaS utama untuk bisnis Anda, Anda perlu melacak, menganalisis, dan menafsirkannya untuk mengevaluasi kinerja Anda. Dan jika perlu, jangan takut untuk mengubah strategi Anda.

Sumber Gambar – Tomasz Tunguz