Tips untuk Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan dan Meningkatkan Konversi SaaS
Diterbitkan: 2022-10-04Satu hal yang membedakan SaaS dari industri lain adalah penekanan pada akuisisi pelanggan. Memperoleh pelanggan yang baik dan mempertahankannya untuk waktu yang lama adalah penting bagi bisnis SaaS karena produk SaaS biasanya berbasis langganan. Bisnis semacam itu menghasilkan uang melalui langganan berulang, dan bukan hanya dari pembelian satu kali.
Namun, tidak mudah untuk mendapatkan pelanggan SaaS karena mereka selalu membuat keputusan yang tepat dan melalui beberapa tahap perjalanan pembeli dan jalur penjualan. Sesuai penelitian situs The Marketing Blender, 80% pengambil keputusan lebih suka mendapatkan informasi perusahaan dari serangkaian artikel daripada iklan.
Agar sukses, bisnis SaaS perlu menemukan cara untuk mengurangi biaya akuisisi sekaligus meningkatkan tingkat konversi mereka. Dalam posting ini, kami akan memberi Anda beberapa cara untuk mengurangi biaya Akuisisi pelanggan SaaS.
Daftar isi
Berapa Biaya Akuisisi Pelanggan?
Biaya akuisisi pelanggan (CAC) adalah jumlah uang yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru yang membayar.
Rumus Biaya Akuisisi Pelanggan
Biaya Akuisisi Pelanggan = Total Beban Penjualan & Pemasaran / Jumlah Pelanggan Baru.
Itu juga bisa dihitung untuk saluran pemasaran tertentu. Misalnya, jika Anda Menghabiskan 50.000 untuk iklan Google yang mendatangkan 20 pelanggan yang membayar,
CAC melalui iklan Mesin Telusur Berbayar = 50,000/20 = 5000 CAC
Biaya akuisisi pelanggan termasuk biaya iklan, biaya agen outsourcing/remunerasi spesialis internal, biaya alat otomatisasi pemasaran, dll. yang secara langsung membantu dalam menghasilkan prospek dan orientasi klien.
Disarankan Baca: Strategi Pemasaran SaaS B2B Teratas untuk Akuisisi Pelanggan
Pentingnya Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan SaaS untuk bisnis SaaS
Konsep CAC penting karena memungkinkan startup untuk melacak dan mengukur berapa banyak yang mereka keluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru dan membandingkannya dengan nilai seumur hidup mereka (LTV).
Biaya akuisisi pelanggan perusahaan dapat memiliki dampak besar pada profitabilitas secara keseluruhan. Jika sebuah perusahaan menghabiskan lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan daripada yang dihasilkan dari penjualan kepada mereka, maka pada akhirnya akan gulung tikar.
Menurunkan CAC membantu Anda meningkatkan ROI dan memastikan pertumbuhan jangka panjang. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan investor terhadap perusahaan.
Jika perusahaan SaaS menurunkan biaya akuisisi pelanggan sambil meningkatkan tingkat retensi pelanggan, ia akan memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan kembali dalam inisiatif pertumbuhan lainnya dan mengembangkan produk daripada berada dalam perlombaan tikus.
Cara Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan
Menurunkan CAC untuk SaaS adalah tugas yang menantang yang membutuhkan pelacakan, analisis, improvisasi, dan pengujian berkelanjutan. Ada dua cara perusahaan SaaS dapat menurunkan biaya akuisisi. Yang pertama adalah menurunkan biaya pembuatan prospek dan menghasilkan jumlah prospek yang lebih besar atau meningkatkan tingkat konversi dengan jumlah penjualan yang lebih tinggi.
Kiat untuk Menurunkan Biaya Pembuatan Prospek
Mengurangi biaya prospek memerlukan pendekatan berbasis data yang dipersonalisasi dan seringkali bersifat jangka pendek. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu menangkap lebih banyak prospek dengan biaya iklan yang lebih rendah:
- Gunakan Beberapa Saluran Pemasaran
Saat menjalankan iklan untuk produk SaaS, target pasar dapat dengan cepat jenuh pada satu saluran pemasaran.
Misalnya, jika Anda mengiklankan alat analisis prediktif untuk konsultan bisnis di LinkedIn, Anda hanya dapat menghasilkan jumlah prospek tertentu per hari karena ini adalah produk SaaS khusus. Meningkatkan anggaran iklan akan menghasilkan prospek yang tidak relevan atau meningkatkan tawaran per klik.
Oleh karena itu, penting untuk menjalankan kampanye di beberapa saluran untuk mengoptimalkan biaya per prospek (CPL) Anda
- Manfaatkan Penargetan Ulang
Penargetan ulang adalah salah satu metode paling efektif untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan dan mengembalikan prospek yang hilang ke dalam saluran utama. Menargetkan ulang pengunjung melalui saluran lain dengan nada atau USP yang lebih baik akan membantu Anda menjalankan kampanye yang hemat biaya.
Disarankan Baca: Bagaimana Perusahaan SaaS Dapat Mendorong Pertumbuhan dengan Pemasaran Dari Mulut ke Mulut
- Ikuti Pendekatan Berbasis Data
Pendekatan yang dipersonalisasi dan didorong oleh data adalah kunci keberhasilan dalam hal mengurangi biaya akuisisi pelanggan. Dengan menggunakan data untuk menyegmentasikan dan menargetkan audiens Anda, Anda dapat membuat iklan yang sangat dipersonalisasi yang akan beresonansi dengan audiens target Anda dan menghasilkan biaya akuisisi pelanggan SaaS yang lebih rendah
- Otomatiskan Kampanye
Dengan mengotomatiskan kampanye pemasaran, Anda dapat mengurangi jumlah waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk pelacakan manual, penargetan ulang, atau pengoptimalan kampanye iklan.
- Program Rujukan dan Afiliasi
Last but not least, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan adalah dengan menerapkan program rujukan atau afiliasi. Dengan memberi insentif kepada pelanggan atau afiliasi untuk merujuk prospek baru, Anda dapat meningkatkan tingkat akuisisi Anda tanpa menghabiskan banyak uang.
- Kurangi Gesekan Percobaan Gratis
Tujuan uji coba gratis adalah untuk memungkinkan pengguna merasakan nilai produk Anda sebelum mereka melakukan pembelian. Namun, jika Anda mempersulit pengguna untuk mendaftar uji coba gratis dengan menambahkan verifikasi email, menanyakan detail kartu debit/kredit, dll. mereka mungkin tidak akan pernah merasakan produk Anda dan Anda akan kehilangan konversi. Untuk mengurangi gesekan uji coba gratis, pastikan Anda memiliki ajakan bertindak (CTA) yang jelas dan ringkas yang memungkinkan pengguna mendaftar untuk uji coba gratis hanya dengan beberapa klik.
- Optimalkan Corong Pembuatan Prospek
Tingkat konversi dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan formulir pengambilan prospek, email tindak lanjut, dan ajakan bertindak (tombol, munculan, dll.) di situs web. Pengujian A/B dapat membantu mengidentifikasi formulir, email tindak lanjut, dan CTA mana yang berfungsi paling baik untuk perusahaan Anda.
Meskipun menurunkan perolehan prospek mungkin sampai batas tertentu untuk bisnis SaaS, pada akhirnya itu hanya dapat dioptimalkan sampai batas tertentu setelah itu menjadi stagnan. Oleh karena itu, penting untuk fokus pada separuh pengurangan biaya lainnya, yaitu mengoptimalkan tingkat konversi.
- Meningkatkan Tingkat Konversi
Tingkat konversi yang lebih tinggi berarti Anda dapat mengonversi lebih banyak prospek menjadi pelanggan yang membayar. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan tingkat konversi.
- Kurangi Ketergantungan pada Pemasaran Keluar
Pendekatan pemasaran keluar memungkinkan Anda menjangkau pelanggan sementara pendekatan pemasaran masuk memungkinkan pelanggan menjangkau Anda. Salah satu contoh pemasaran keluar adalah prospek yang dihasilkan melalui kampanye iklan, yang memiliki tingkat konversi lebih rendah daripada prospek organik.
Strategi pemasaran yang lebih efektif adalah promosi media sosial organik dan fokus pada SEO dan pemasaran Konten. Anda juga dapat menyediakan alat, eBuku, data, dan sumber daya gratis lainnya untuk keterlibatan yang lebih tinggi.
- Tingkatkan Pengalaman Pengguna
Pengalaman yang dimiliki pengguna dengan situs web atau produk SaaS dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan. Tantangan Anda adalah merancang pengalaman pengguna intuitif (UX) yang menarik, dan memandu prospek melalui corong konversi Anda untuk menjadi pelanggan.
- Keterlibatan Prospek yang Lebih Baik
Penting untuk terus berinteraksi dengan prospek Anda untuk mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Semakin banyak prospek Anda terlibat dengan merek Anda, semakin baik kemungkinan mereka membeli sesuatu dari Anda. Perusahaan SaaS dapat melibatkan pelanggan melalui polling, umpan balik, chatbots, emailer, SMS, dan banyak lagi.
- Alamat Umpan Balik Negatif dan Ulasan
Ulasan negatif tentang merek SaaS di pegangan media sosial atau platform lain memiliki dampak besar pada tingkat konversi karena pembeli selalu meneliti dengan baik sebelum membeli produk. Sangat penting untuk mengatasi umpan balik dan ulasan negatif dan terus mengimprovisasi produk atau layanan pelanggan. Ini membantu dalam menurunkan biaya akuisisi pelanggan SaaS dalam jangka panjang.
Bacaan yang Disarankan: SaaS CRM: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang
- Optimalkan Saluran Penjualan
Perusahaan SaaS harus dapat memindahkan calon pelanggan melalui saluran penjualan secepat dan seefisien mungkin. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat otomatisasi pemasaran untuk menilai dan menilai prospek. Penilaian dan penilaian prospek membantu tim penjualan untuk memfokuskan upaya mereka pada prospek yang paling memenuhi syarat, mempercepat siklus penjualan, dan meningkatkan tingkat penutupan.
Cara lain untuk mengoptimalkan saluran penjualan adalah dengan membuat konten yang ditargetkan untuk setiap tahap saluran. Misalnya, posting blog tentang 10 manfaat teratas suatu produk akan sesuai untuk tahap kesadaran, sementara studi kasus akan lebih sesuai untuk tahap keputusan.
Bagaimana Techjockey Membantu Menurunkan Biaya Akuisisi Pelanggan Anda?
Techjockey adalah platform terkemuka untuk perangkat lunak & solusi bisnis yang membantu pemilik bisnis dan pengambil keputusan memilih perangkat lunak yang tepat untuk organisasi mereka. Situs web Techjockey saat ini memiliki lebih dari 4 Lakh pengunjung per bulan, yang mayoritas adalah pengusaha, manajer senior, dan pemilik bisnis. Situs web ini memiliki lebih dari 6000+ perangkat lunak yang terdaftar di 400+ kategori.
Techjockey membantu Anda membuat produk SaaS Anda terlihat oleh banyak pembeli potensial yang meningkatkan citra merek Anda dan menghasilkan lebih banyak prospek dan konversi.
Inilah cara Techjockey membantu Anda menurunkan Biaya Per prospek (CPL) dan mengoptimalkan tingkat konversi Anda.
- Perpaduan sempurna antara aktivitas pemasaran keluar dan masuk yang disatukan untuk mendapatkan prospek premium.
- Layanan konsultasi gratis untuk klien yang menawarkan perangkat lunak yang tepat sesuai kebutuhan bisnis mereka.
- Pakar internal dengan pemahaman mendalam tentang SaaS untuk menjalankan kampanye dengan efisiensi maksimum untuk prospek yang relevan.
- Dapatkan hanya prospek yang dipelihara dengan demo yang telah dijadwalkan sebelumnya untuk produk Anda
Kesimpulan
Biaya akuisisi pelanggan dapat menjadi faktor penentu yang signifikan untuk kelangsungan bisnis SaaS. Penting bahwa bisnis SaaS harus terus meningkatkan dan melacak biaya perolehan pelanggan baru untuk meningkatkan ROI bisnis mereka.
Organisasi harus fokus pada tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang untuk mengurangi CAC secara keseluruhan.
Kategori Terkait: Saas Backup Solution | Perangkat Lunak Orientasi Pelanggan | Perangkat Lunak Manajemen Pengalaman Pelanggan
FAQ
- Bagaimana bisnis SaaS dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan?
Bisnis SaaS dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan dengan mengoptimalkan tingkat konversi mereka, meningkatkan keterlibatan prospek mereka, dan menangani umpan balik dan ulasan negatif.
- Berapa biaya akuisisi pelanggan (CAC) rata-rata untuk Bisnis SaaS?
CAC rata-rata untuk bisnis SaaS bervariasi tergantung pada industri tertentu, cakupan produk SaaS, dan strategi pemasaran pesaing. Ini diwakili lebih baik bila dihitung dalam rasio dengan Life Time Value (LTV) klien. Rata-rata rasio CAC terhadap LTV adalah 1:3.
- Bagaimana bisnis SaaS dapat menurunkan biaya akuisisi pelanggan mereka dalam jangka panjang?
Untuk biaya akuisisi pelanggan SaaS dalam bisnis jangka panjang dapat berinvestasi dalam meningkatkan strategi pemasaran masuk mereka, mengoptimalkan saluran penjualan, otomatisasi leverage, meningkatkan pengalaman pengguna.
- Bagaimana cara perusahaan SaaS menghitung CAC?
Untuk menghitung biaya akuisisi pelanggan perusahaan SaaS Anda, Anda perlu melacak biaya penjualan dan pemasaran Anda untuk periode tertentu dan membagi jumlah tersebut dengan jumlah pelanggan yang Anda peroleh selama periode waktu tersebut. Untuk standardisasi, Anda dapat mengekspresikan CAC dalam rasio terhadap LTV klien.
- Mengapa CAC penting dalam SaaS?
Biaya akuisisi pelanggan (CAC) penting dalam SaaS karena memberikan wawasan tentang berapa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika CAC perusahaan SaaS terlalu tinggi, mungkin perlu mengevaluasi kembali strategi penjualan dan pemasarannya. Menurunkan CAC membantu mereka untuk fokus pada produk dan retensi pelanggan untuk pertumbuhan jangka panjang.